Sabtu, 22 November 2008

Indonesia airplane

CN-235 adalah pesawat angkut jarak sedang dengan dua mesin turbo-prop. Pesawat ini dikembangkan bersama-sama antara CASA di Spanyol and IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia) sebagai pesawat terbang regional dan angkut militer. Versi militer CN-235 termasuk patroli maritim, surveillance dan angkut pasukan.



Pesawat Buatan Indo Di Pake Turki Man!



Desain dan Pemgembangan




CN-235 diluncurkan sebagai kerjasama antara CASA dan IPTN. Kedua perusahaan ini membentuk perusahaan Airtech company untuk menjalankan program pembuatan CN-235. Desain dan produksi dibagi rata antara kedua perusahaan. Kerjasama hanya dilakukan pada versi 10 dan 100/110. Versi-versi berikutnya dikembangankan secara terpisah oleh masing-masing perusahaan.



Desain awal CN-235 dimulai pada Januari 1980, purnarupa pesawat terbang perdana pada 11 November 1983. Sertifikasi Spanyol dan Indonesia didapat pada tanggal 20 Juni 1986. Pesawat produksi terbang pertama pada 19 August 1986. FAA type approval didapat pada tanggal 3 Desemebr 1986 sebelum akhirnya terbang pertama untuk pembeli pesawat pada tanggal 1 Maret 1988.



Pada tahun 1995, CASA meluncurkan CN-235 yang diperpanjang, C-295



Penjaga Pantai Amerika Serikat / U.S. Coast Guard membeli CN-235 (diberi kode HC-144A) di bawah program pesawat maritim jarak sedang (MRSMPA).[1] Pesawat HC-144A pertama dikirim EADS CASA ke Lockheed Martin untuk dipasang alat-alat untuk misi maritim pada bulan December 2006.[2]



Pada bulan Agustus 2006, 3 CASA CN-235-10 masih terbang, dua dengan Safair dan satu Tiko Air, kedua-duanya di Afrika.[3] Asian Spirit juga mengoperasikan CN-235-220 di Filipina (informasi bulan June/July 2007).



Irish Air Corps mengoperasikan dua buah 2 CN-235 untuk patroli maritim.





CASA -CN-235-300



PT.Dirgantara Indonesia :



* CN-235-10 :

Versi produksi awal (diproduksi 15 buah oleh masing-masing perusahaan), menggunakan mesin GE CT7-7A

* CN-235-110 :

Secara umum sama dg seri 10 tetapi menggunakan mesin GE CT7-9C dalam nasel komposit baru ,mempunyai sistem kelistrikan, peringatan dan lingkungan yang lebih maju dibanding seri 100 milik CASA.

* CN-235-220 :

Versi Pengembangan. Pembentukan kembali struktur untuk bobot operasi yang lebih tinggi , pengambangan aerodinamik pada tepi depan sayap sayap dan kemudi belok, pengurangan panjang landasan yang dibutuhkan dan penambahan jarak tempuh dengan beban maksimum (MTOW=Maximum Take Off Weight)

* CN-235 MPA :

Versi Patroli Maritim, dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan misi ( mulai mendekati fase operasional dan hadir dalam singapore airshow 2008 ).

* CN235-330 Phoenix :

Modifikasi dari seri 220, ditawarkan IPTN ( dengan avionik Honeywell baru, EW system ARL-2002 dan 16.800 kg MTOW ) kepada Royal Australian Air Force untuk Project Air 5190 tactical airlift requirement, tapi dibatalkan karena masalah keuangan pada tahun 1998





EADS CASA :



* CN-235-10 :

Versi produksi awal (diproduksi 15 buah oleh masing-masing perusahaan), menggunakan mesin GE CT7-7A

* CN-235-100 :

Secara umum sama dengan seri 10 tetapi menggunakan mesin GE CT7-9C dalam nasel komposit baru

* CN-235-200 :

Versi Pengembangan dengan pembentukan kembali struktur pesawat untuk bobot operasi yang lebih tinggi , pengambangan aerodinamik pada tepi depan sayap dan kemudi belok, pengurangan panjang landasan yang dibutuhkan serta penambahan jarak tempuh dengan beban maksimum

* CN-235-300 :

Modifikasi CASA pada seri 200,dengan avionik Honeywell. Kelebihan lain termasuk pengembangan sistem tekanan dan fasilitas instalasi opsional roda depan ganda.

* CN-235 ASW/ASuW/MPA :

Versi Maritim

* C-295 :

Versi dengan badan lebih panjang, beban 50% lebih banyak dan mesin baru PW127G.





CASA CN-235 Angkatan Udara Spanyol



Spesifikasi (CN-235-100/110)



Karakteristik Umum

Casa Cn 235

Casa CN 235



* Kru: 2(dua) pilots

* Kapasitas: sampai 45 penumpang

* Panjang: 21.40 m (70 ft 3 in)

* Bentang sayap: 25.81 m (84 ft 8 in)

* Tinggi: 8.18 m (26 ft 10 in)

* Area sayap: 59.1 m² (636 ft²)

* Berat Kosong: 9,800 kg (21,605 lb)

* Berat Isi: 15,500 kg (16,500 kg Military load) ( lb)

* Maksimum takeoff: 15,100 kg (33,290 lb)

* Tenaga Penggerak: 2× General Electric CT79C turboprops, 1,395 kW (1,850 bhp) each



Kemampuan



* Kecepatan Maksimum: 509 km/j (317 mpj)

* Jarak: 796 km (496 mil)

* Ketinggian Maks: m ( ft)

* Daya Menanjak: 542 m/min (1,780 ft/min)

* Beban Sayap Maks: kg/m² ( lb/ft²)

* Power/berat: kW/kg ( hp/lb)





CASA CN-235M-100 Angkatan Udara Maroko



Operator Militer



* Botswana Air Force

* Tentera Udara Diraja Brunei (1)

* Chilean Air Force

* Colombian Air Force

* Ecuadorian Air Force

* French Air Force

* Gabonese Air Force

* Irish Air Corps (2 x CN235MP)

* Tentera Udara Diraja Malaysia (8 x CN235-220)

* Moroccan Air Force

* Pakistan Air Force (4 x CN235-220)

* Panama

* Papua New Guinea

* Royal Saudi Air Force

* South African Air Force

* South Korean Air Force (20)

* Thai Air Force (10 dipesan dari IPTN/DI)

* TNI AU

* Turkish Air Force

* UAE Navy

* Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat: U.S. Coast Guard sebagai HC-144A untuk program Medium Range Surveillance Maritime Patrol Aircraft (MRSMPA)







Militer



* Afrika Selatan: Angkatan Udara Afrika Selatan (1)

* Amerika Serikat: Penjaga Pantai Amerika Serikat (8 HC-144)

* Arab Emirat: Angkatan Laut Persatuan Emirat Arab

* Arab Saudi: Angkatan Udara Arab Saudi

* Botswana: Angkatan Udara Botswana

* Brunei: Angkatan Udara Brunei (1)

* Chile: Angkatan Darat Chile (4 CN-235-100) satu jatuh di Antartika

* Ekuador: Angkatan Udara Ekuador

* Gabon: Angkatan Udara Gabon

* Indonesia: Angkatan Udara Indonesia (mengoperasikan CN235-100M, CN235-220M, CN235MPA)

* Irlandia: Korp Udara Irlandia (2 CN235MP)

* Kolumbia: Angkatan Udara Kolumbia

* Korea Selatan: Angkatan Udara Korea Selatan (20)

* Malaysia: Angkatan Udara Malaysia (8 CN235-220)

* Maroko: Angkatan Udara Maroko (7)

* Pakistan: Angkatan Udara Pakistan (4 CN235-220)

* Panama: Angkatan Udara Panama

* Papua New Guinea: Angkatan Udara Papua New Guinea

* Perancis: Angkatan Udara Perancis (19 CN235-100, 18 ditingkatkan menjadi CN235-200).

* Spanyol: Angkatan Udara Spanyol (20)

* Turki: Angkatan Udara Turki (50 CN235-100M); Angkatan Laut Turki (6 CN-235 ASW/ASuW MPA); Penjaga Pantai Turki (3 CN-235 MPA)

* Venezuela: Angkatan Laut Venezuela (2 dipesan kemudian dibatalkan)

* Yordania: Angkatan Udara Yordania (2)



Pemerintah dan paramiliter



* Thailand: Polisi Thailand (1 CN235-300)



CN-235 Di Spanyol







CN-235 Di Dunia




















Tidak ada komentar: