Senin, 24 November 2008

Rencana baru sistem kualifikasi F1

Sistem kualifikasi F1 yang kita kenal sekarang bisa jadi takkan lagi diberlakukan di musim 2009. Proposal perubahan untuk itu mungkin sudah akan diajukan dalam pertemuan World Motor Sport Council (WMSC) FIA mendatang.

Sebagaimana dikutip F1 Live, sistem tersebut akan mengadopsi kualifikasi berformat baru, dengan kemungkinan adanya hadiah uang plus poin tambahan untuk peraih posisi pole.

Sistem itu konon sudah mendapat dukungan dari Asosiasi Tim F1 (Formula One Teams Association), dan siap dibahas dengan lebih mendetil dalam rapat yang dihelat awal bulan depan.

Situs suratkabar Spanyol Marca juga mengungkap bahwa dengan sistem kualifikasi tersebut, seluruh 20 pembalap pada awalnya akan melintasi sirkuit selama 14 lap dengan bahan bakar minim. Setiap satu putaran, kendaraan paling lambat otomatis tersingkir.

Usai 14 lap habis dilahap dan pembalap tinggal tersisa enam, akan dilakukan jeda singkat. Saat itu pembalap yang bertahan akan kembali ke pit untuk mengganti ban dengan yang baru sekaligus mengisi bahan bakar.

Setelah tuntas, ke-6 pembalap tersebut siap bertarung untuk memperebutkan posisi start terdepan dalam balapan, plus tambahan poin jika sukses jadi pole seater.

Jika nantinya sistem kualifikasi anyar itu mendapat lampu hijau dari FOTA, proposal tinggal membutuhkan ratifikasi dari WMSC untuk benar-benar diberlakukan.

2 komentar:

ujex_46 mengatakan...

ngapo blog kau cak dilarang pihak google we

MTH mengatakan...

santai..