Kamis, 11 Desember 2008

Bernie: Honda Cuma Buang-buang Uang di F1




Jakarta - Mundurnya Honda mengejutkan banyak pihak. Tapi tidak buat Bernie Ecclestone yang merasa tak kehilangan dan malah menganggap tim Jepang itu cuma buang-buang uang di F1.

"(Perginya) Honda bukan kehilangan besar. Lihatlah posisi mereka di klasemen, sembilan. Mereka membuang-buang uang jutaan dan jadi contoh yang buruk buat tim F1 yang lain," ungkap Bernie seperti diberitakan F1Live.

Pekan lalu Honda memutuskan mundur dari F1 setelah mereka mengalami krisis keuangan sebagai imbas kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil. Keputusan tersebut untuk sementara menjadi akhir perjalanan Honda yang mulai bergelut dengan F1 sejak era 1960-an.

Meski musim lalu cuma jadi tim papan bawah, Honda sempat menancapkan kukunya di balapan jet darat saat menjadi pemasok mesin di tahun 1980-an dan awal 1990.

"Di F1 tim bisa datang dan pergi. Ini bukan akhir dunia. Hanya Ferrari yang sudah ada sejak awal. Sekarang mereka (Honda) sudah pergi, kami punya kesempatan untuk membawa semangat tertentu ke dalam tim ini bagaimana mereka seharusnya membelanjakan uanganya," lanjut supremo F1 itu.

Bernie malah punya keyakinan kalau calon pembeli tim Honda sudah akan datang pekan depan. "Kami sudah mengurangi jumlahnya menjadi hanya tiga pembeli potensial," pungkas pria berusia 78 tahun itu.

Tidak ada komentar: