Kamis, 11 Desember 2008

FIA & FOTA Selamatkan F1




MONACO - FIA dan aliansi tim-tim Formula One (FOTA) sepakat penghematan biaya mulai musim 2009 yang telah mereka setujui bersama, mampu menjamin masa depan olahraga balap jet darat bergengsi tersebut.

Kendati belum diketahui detil kesepakatan antara FIA dan FOTA, rapat yang diselenggarakan Rabu (10/12/2008) di Monaco, diklaim sebagai pertemuan tersukses yang pernah digelar.

"Saya gembira dengan hasil pertemuan ini," ungkap presiden FIA Max Mosley seperti dilansir autosport, Kamis (10/12/2008).

Presiden FOTA Luca di Montezemolo menambahkan, "Kesatuan seluruh tim menjadi hal penting untuk menemukan solusi tepat bagi F1. Tentunya dengan kesepahaman visi, seperti yang diminta FIA."

Disebutkan, pemangkasan biaya yang diusulkan Mosley pada Juli lalu, tidak hanya mampu menguatkan aspek finansial saja. Melainkan juga mempertahankan martabat Formula One sebagai olahraga balap motor kelas atas.

Beberapa langkah penting yang telah diputuskan bersama diantaranya; mempersingkat waktu sesi ujicoba, pengembangan sistem aerodinamik dan pemanfaatan komponen standart.

Namun, opsi pemberlakuan mesin standart untuk seluruh tim belum diputuskan. Dan agaknya, pabrikan tidak mau dipaksa memakainya.

Tidak ada komentar: