Kamis, 11 Desember 2008

Loeb Serius ke F1 Tahun 2010


Jakarta - Di usianya yang ke-37 David Couldhart memutuskan pensiun, hal mana juga dilakukan Michael Schumacher dua musim lalu. Tapi Sebastien Loeb malah serius ingin terjun ke F1 pada 2010, saat umurnya sudah 36.

Keinginan Loeb untuk menjajal balapan jet darat bukannya cuma main-main. Dia tampaknya cukup serius untuk banting setir dari WRC ke F1 dua tahun dari sekarang.

Juara rekor juara dunia lima kali reli itu memang sempat berada di dalam kokpit F1 sebelumnya. November lalu dia sempat melakukan ujicoba dengan tim Red Bull di Barcelona setelah sebelumnya mengendarai RB4 di Sirkuit Silverstone.

Hasil yang dia raih sangatlah memuaskan. Melahap 82 putaran di Barcelona, pembalap 34 tahun itu sama sekali bebas dari masalah. Di akhir sesi dia malah bisa duduk di posisi delapan dari total 17 pembalap yang turun.

Tahun 2007 dia juga sempat menjajal Renault milik Heikki Kovalainen sebagai barter setelah pembalap Finladia itu mencicipi mobil WRC miliknya.

"Bos tim berpikir kalau saya terlalu tua, tapi secara mental tidak: umur tidak akan menjadi halangan buat saya," ungkap Loeb dalam wawancaranya dengan suratkabar Liberation seperti diberitakan F1Live.

"Dengan program ujicoba di tahun 2009, saya akan bisa berada di grid F1 pada 2010," pungkasnya yakin.

Di ajang reli dunia, Loeb nyaris tak punya lawan berarti lagi mengingat dia merupakan pemegang juara dunia dalam lima tahun terakhir. Baru-baru ini dia memprotes gelara reli dunia terkait kalender seri 2009, evolusi mobil dan perubahan regulasi.

Tidak ada komentar: