Kamis, 11 Desember 2008

Pengamanan Super Seharga Rp 7 M


Jakarta Meski merek dan modelnya sama, spesifikasi mobil versi VVIP khusus kepresidenan tentu berbeda dengan yang reguler. Beda spesifikasi, beda pula bandrol harganya. Bedanya bisa berlipat kali.

Mobil baru Kepresidenan RI adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Di situs www.carsarmored.org disebutkan harga per unit untuk spesifikasi paling komplit (B7) adalah mencapai Rp 7,7 miliar. Bandingkan dengan harga MB S600 standar yang 'hanya' Rp 1,5 miliar.

Di www.carsarmored.org dipaparkan spesies MB S600 Guard terbagi dalam 7 level pilihan keamanan (B1-B7) dengan selisih harga per level sekitar Rp 1 miliar. Belum diketahui level mana yang dipilih Sekretariat Negara untuk mobil dinas baru Keprsidenan RI.

Namun harga setinggi itu sepadan dengan fitur yang dia gendong. Sekujur bodi dan kaca MB S600 Guard berlapis bahan antipeluru senapan serbu standar militer bahkan sanggup melindungi penumpangnya dari serangan granat tangan.

Fasilitas keselamatan lain adalah fitur run-flat tyre yang memungkinkan mobil bermesin biturbo 12 silider itu ngebut meninggalkan lokasi konflik dalam kondisi ban kempes. Tangki bahan bakarnya yang antipeluru juga punya sistem pemadaman api, sehingga dia mampu mencegah ledakan.

Fitur lainnya sama dengan S600 standar yang punya predikat mobil mewah terlaris di dunia 2007. Dua di antaranya sistem rem canggih berteknologi Distronic Plus dan perangkat deteksi obyek malam hari berikut prediksi jaraknya secara otomatis.

Pernik interior tentu tidak hanya bar kecil, lemari es, pesawat televisi, sound-system prima dan AC belaka. Kabinnya yang kedap suara dilengkapi sistem komunikasi satelit yang super canggih.

Di luar peningkatan kemampuan antipeluru, mesin biturbo dan perangkat rem canggih, sebenarnya fitur lainnya sama mobil dinas lama Kepresidenan RI. Tapi mobil MB SEL 500 yang bertugas sejak 1998 pernah ditaklukkan oleh banjir di Jl MH Thamrin, Jakarta (2/2/2008).

Tidak ada komentar: